Sekolah : SMP N 1 SILO
Mata Pelajaran : BahasaInggris
Kelas/Semester : VIII/1
MateriPokok : Invitation and Greeting Card
AlokasiWaktu : 8 X 40 menit
A. KOMPETENSI INTI
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan (prosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
No. | Kompetensi Dasar | Indikator |
1. | 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. | 1.1.1 Mengikuti semua kegiatan pembelajaran dengan sungguh-sungguh. |
2. | 2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dan percaya diri dalam melaksanakan komunikasi fungsional. | 2.1.1 Bertanggung jawab dalam setiap tindakan selama pembelajaran |
2.1.2 Percaya diri dalam melakukan komunikasi fungsional (menyampaikan undangan dan greeting card) | ||
3. | 3. 4 Menerapkan strukturteks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social dari teks undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sesuai dengan konteks penggunaannya. | 3.4.1 Mengidentifikasi struktur teks undangan pribadi. 3.4.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks undangan pribadi. 3.4.3 Mengidentifikasi fungsi sosial teks undangan pribadi. 3.4.4 Mengidentifikasi struktur teks ucapan selamat (greeting card). 3.4.5 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks ucapan selamat (greeting card). 3.4.6 Mengidentifikasi fungsi sosial teks ucapan selamat (greeting card) |
4. | 4.4 Menangkap makna undangan pribadi dan ucapanselamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana. | 4.4.1 Mengungkapkan ungkapan yang berhubungan dengan teks undangan pribadi. 4.4.2 Mengungkapkan ungkapan yang berhubungan dengan teks ucapan selamat (greeting card). |
5. | 4.5 Menyusun teks tulis undangan pribadi dan ucapan selamat (greeting card), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. | 4.5.1 Menulis undangan pribadi. 4.5.2 Menulis ucapan selamat (greeting card). |
C. MATERI PEMBELAJARAN
Materi Pokok
(a) Teks tulis undangan pribadi sangat pendek dan sederhana
(b) Teks tulis ucapan selamat (greeting card) sangat pendek dan sederhana.
Fungsisosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
Unsur kebahasaan
(1) Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan dalam undangan dan ucapan selamat dari sumber-sumber otentik.
(2) Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi
(4) Ejaan dan tanda baca
(5) Tulisan tangan
Struktur teks
a. Menyebutkan tujuan dari (a) undangan pribadi dan (b) ucapan selamat (greeting card).
b. Menyebutkan informasi rinci dari (a) undangan pribadidan (b) (greeting card).
Topik
Berbagai kegiatan, acara, dan hari penting siswa dan guru, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku tanggung jawab danpercaya diri
D. MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR
1. Media Pembelajaran
· Gambar
· Realia
2. Sumber Belajar
Buku BahasaInggris“When English Rings a Bell” Kelas VIII Depdikbud hal. 51 - 60.
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1. Guru memberi salam kepada seluruh siswa.
2. Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
3. Guru memeriksa kehadiran siswa.
4. Guru mereview materi yang diajarkan sebelumnya.
5. Guru menyampaikan tujuan belajar.
6. Guru menyuruh siswa membentuk kelompok 4 rang.
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati gambar berupa undangan pribadi .
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa bertanya tentang berbagai hal berkaitan dengan contoh undangan yang diamatinya
MengumpulkanInformasi
· Siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat khas yang digunakan dalam teks undangan.
· Siswa mengidentifikasi struktur kebahasaan teks berbentuk undangan pribadi.
Mengasosiasi
· Siswa mengamati berbagai macam contoh teks undangan yang ditunjukkan oleh guru.
· Siswa membandingkan kalimat-kalimat yang dipakai dalam setiap undangan yang mereka amati.
Mengomunikasikan
· Siswa membuat teks undangan pribadi dengan kalimat mereka sendiri.
· Siswa membacakan teks undangan yang dibuat di depan kelas.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Siswa meminta pendapat siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah mereka jalani.
2. Siswa diberi tugas untuk membuat undangan dalam bentuk yang indah.
3. Siswa dan guru mengucapkan salam.
Pertemuan 2
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1. Guru memberi salam kepada seluruh siswa.
2. Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
3. Guru memeriksa kehadiran siswa.
4. Guru mereview materi yang diajarkan sebelumnya.
5. Guru menyampaikan tujuan belajar.
6. Guru menyuruh siswa membentuk kelompok 4 0rang.
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati gambar berupa ucapan selamat (greeting card) pada halaman 56 - 58.
Menanya
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa bertanya tentang berbagai hal berkaitan dengan contoh greeting card yang diamatinya
Mengumpulkan Informasi
· Siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat khas yang digunakan dalam teks undangan.
· Siswa mengidentifikasi struktur kebahasaan teks berbentuk undangan pribadi.
Mengasosiasi
· Siswa mengamati berbagai macam contoh teks ucapan selamat (greeting card) yang ditunjukkan oleh guru.
· Siswa membandingkan kalimat-kalimat yang dipakai dalam setiap ucapan selamat (greeting card) yang mereka amati.
Mengomunikasikan
· Siswa membuat teks ucapan selamat (greeting card) dengan kalimat mereka sendiri.
· Siswa membaca teks undangan yang dibuat di depan kelas.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1. Guru meminta pendapat siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah mereka jalani.
2. Siswa diberi tugas untuk membuat teks ucapan selamat (greeting card) dalam bentuk yang indah
3. Siswa dan guru mengucapkan salam.
F. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Jenis/teknikPenilaian
Pengetahuan:
· Tes tulis
Keterampilan:
· Portofolio (membuat kartu undangan dan kartu ucapan selamat/greeting card)
Sikap:
· Pengamatan guru
· Penilaian diri
· Penilaian teman sejawat
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
PenilaianPengetahuan:
Look at the invitation card. Answer the questions.
1. What is the invitation for?
2. Who is the party girl?
3. Who is invited?
4. Where will the party be held?
5. What is the date and time?
Look at the greeting card. Answer the questions.
6. What is the card for?
7. When can people send the card?
8. Who celebrates the event?
9. What do moslem do that day?
10. How do they feel in celebrating this event?
KunciJawaban:
1. To invite someone to come to a birthday party.
2. Robin.
3. The receiver.
4. At Robin’s doll house.
5. On Saturday, February 25th.
6. To celebrate the moslem.
7. At IdulFitri.
8. The moslem.
9. The moslem celebrate the event by going around and forgive each other.
10. Happy.
Keterampilan:
Buatlah undangan dan kartu ucapan yang akan kamu berikan kepada temanmu yang berulang tahun.
Sikap:
Pengamatan terhadap aktifitas peserta didik.
Rubrik penilaian:
- PENILAIAN PENGETAHUAN
Aspek yang Dinilai | Kriteria | Score |
KOSA KATA/FRASA | Jawabanbenar | 4 |
Ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna | 3 | |
Ada kesalahan dan mengganggu makna | 1 | |
Tidak ada jawaban | 0 | |
VOCABULARY | Pemilihan vocabulary tepat | 4 |
Pemilihan vocabulary kadang kurang tepat | 3 | |
Sering membuat kesalahan sehingga sulit dipahami | 2 | |
Kesalahan pemilihan kosakata sangat parah sehingga tidak bisa dipahami | 1 | |
ORGANIZATION | Tulisan runtut dan lengkap | 4 |
Tulisan runtut tapi kurang tepat | 3 | |
Tulisan tidak runtut dan kurang lengkap | 2 | |
Tulisan tidak runtut dan tidak lengkap | 1 | |
MECHANIC | Tidak terdapat kesalahan tanda baca dan huruf kapital | 4 |
Kadang-kadang terdapat kesalahan tanda baca dan huruf capital | 3 | |
Banyak terdapat kesalahan tanda baca dan huruf kapital | 2 | |
Kesalahan tanda baca dan huruf capital sangat parah | 1 | |
GRAMMAR | Tidak terdapat kesalahan penggunaan tata bahasa | 4 |
Kadang-kadang terdapat kesalahan penggunaan tata bahasa | 3 | |
Banyak terdapat kesalahan penggunaan tatabahasa | 2 | |
Kesalahan penggunaan tatabahasa sangat parah | 1 |
Nilai akhir:
SKOR DIPEROLEH
-------------------------------- X 100
SKOR MAKSIMAL
2. PENILAIAN KETRAMPILAN
No. | Aspek yang dinilai | indikator | skor |
1 | VOCABULARY | Pemilihan vocabulary tepat | 4 |
Pemilihan vocabulary kadang kurang tepat | 3 | ||
Sering membuat kesalahan sehingga sulit dipahami | 2 | ||
Kesalahan pemilihan kosakata sangat parah sehingga tidak bisa dipahami | 1 | ||
2 | ORGANIZATION | Tulisan runtut dan lengkap | 4 |
Tulisan runtut tapi kurang tepat | 3 | ||
Tulisan tidak runtut dan kurang lengkap | 2 | ||
Tulisan tidak runtut dan tidak lengkap | 1 | ||
MECHANIC | Tidak terdapat kesalahan tanda baca dan huruf kapital | 4 | |
Kadang-kadang terdapat kesalahan tanda baca dan huruf capital | 3 | ||
Banyak terdapat kesalahan tanda baca dan huruf kapital | 2 | ||
Kesalahan tanda baca dan huruf capital sangat parah | 1 | ||
GRAMMAR | Tidak terdapat kesalahan penggunaan tata bahasa | 4 | |
Kadang-kadang terdapat kesalahan penggunaan tata bahasa | 3 | ||
Banyak terdapat kesalahan penggunaan tatabahasa | 2 | ||
Kesalahan penggunaan tatabahasa sangat parah | 1 |
Nilai akhir:
SKOR DIPEROLEH
-------------------------------- X 100
SKOR MAKSIMAL
- PENILAIAN SIKAP
No. | Aspek yang Dinilai | Indikator | Skor |
1 | PERCAYA DIRI | Saya melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu | |
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak | |||
2 | TANGGUNG JAWAB | Sebagai peserta didik saya melakukan tugas-tugas dengan baik | |
Saya berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan | |||
Saya mau mengembalikan barang yang saya pinjam dari orang lain |
Keterangan skor:
Selalu = 4
Sering = 3
Kadang-kadang = 2
Tidak pernah = 1
Nilai akhir:
SKOR DIPEROLEH
--------------------------------
SKOR MAKSIMAL
Mengetahui, Silo,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
SEYO TUGAS IRIANANG,S.Pd., M.Pd. ACHMAD QUZAIRI,S.Pd.
Lampiran 1
Pay attention to the following invitations.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar